Selasa, 15 Desember 2009

animasi mobil berjalan

Pada tutorial kali ini saya akan menunjukan pada anda bagaimana cara membuat dasar animasi mobil berjalan di Adobe Flash Cs3, berikut langkah-langkahnya.
1.Buatlah dokumen baru (Ctrl+N)

2.Lalu pada layer 1 ubahlah nama layer menjadi mobil, dan pada layer tersebut buatlah gambar mobil bebas, sesuai yang anda inginkan. Berikut contoh gambar mobil.







3.Setelah gambar mobil selesai di buat maka buatlah dua layer baru, dan beri nama roda_1 & roda_2.

4.Buatlah gambar roda pada layer roda_1 lalu convert roda tersebut menjadi movie clip dengan cara seleksi gambar roda dan tekan (F8) pada keyboard.





5.Dan bila sudah menjadikan roda menjadi movieclip, copy paste roda di layer roda_1 ke layer roda_2 .

6.Letakkan kedua roda tepat pada tempat roda mobil.

7.Insert Keyframe (shortcut F6) di frame 15 pada layer roda_1 & roda_2. Lalu insert motion tween (Insert – Timeline – Create Motion Tween) antara frame 1 & 15 layer roda_1 & roda_2.




8.Lalu setelah anda berhasil membuat motion tween, rubahlah property frame motion layer roda_1 & roda_2, ubahlah settingan Rotate dari auto menjadi CCW. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar.




9.Tekan Ctrl + enter untuk preview hasil animasi

10.Anda akan melihat roda mobil berputar, tapi badan mobil hanya diam saja. Ini membuat animasi terlihat lebih kaku, maka dari itu buat lah badan mobil menjadi bergoyang dengan merubahnya menjadi movie clip dan menambah keyframe baru di frame 2 – 14 di layer mobil. Lalu di setiap framenya ubahlah posisi badan mobil menjadi ke atas dan kebawah.




11.Tekan Ctrl+enter maka anda akan melihat hasil mobil seperti ini.
Tutorial di atas menjelaskan bagaimana cara membuat dasar animasi mobil, anda bisa mengkreasikannya lagi dengan menambah background yang bergerakn berlawanan arah dengan arah mobil, sehingga mobil terkesan melaju. Contoh seperti gambar di bawah ini, mobil terlihat seperti melaju padahal sebenarnya yang melaju adalah backgroundnya dan mobil hanya berjalan di tempat saja.




12.Coba tambahkan juga background yang bergerak dengan menggunakan konsep Motion Tween. Berikut hasil mobil yang telah di gabungkan dengan background yang bergerak berlawana arah dengan mobil.



Artikel Terkait:

0 komentar: