Minggu, 21 Oktober 2012

pungsi protokol jaringan

Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringankomputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi, dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh pengirim (transmitter) dan penerima (receiver) agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.
Secara umum fungsi protokol adalah menghubungkan pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan akurat. Fungi protokol secara detail adalah sebagai berikut :
  1. Fragmentasi dan reassemblyFragmentasi adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data. Proses ini terjadi di sisi pengirim informasi. Reassembly adalah proses menggabungkan lagi paket-paket tersebut menjadi satu paket lengkap. Proses ini terjadi di sisi penerima informasi.
  2. Encapsulation
    Fungsi dari encapsulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi, dan lain-lain.
  3. Connection ControlFungsi dari Connection Control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter kereceiver termasuk dalam pengiriman data dan mengakhiri hubungan.
  4. Flow ControlFlow Control berfungsi mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver.
  5. Error Control
    Pengiriman data tidak terlepas dari kesalahan, baik dalam proses pengiriman maupun penerimaan. Fungsi error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.
  6. Transmission Service
    Fungsi transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya uangberkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.


Artikel Terkait:

0 komentar: