Ada kelemahan dari bola ajaib ini, yaitu walaupun anda memasukan kalimat yang bukan termasuk pertanyaan atau bahkan tidak memasukkan pertanyaan sekalipun, apabila anda menekan tombol Ramal tetap akan muncul jawaban Ya atau Tidak ditengah bola. Apabila dilihat dari sudut kelemahan ini, bola ajaib tidak begitu menyenangkan. Namun bila anda memasukkan pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak pada kotak yang disediakan dan menekan tombol ramal, maka anda akan merasakan kesenangan pada bola ajaib ini. Tetapi harus diingat bahwa hasil jawaban dari bola ajaib ini hanya sebuah permaianan saja jangan dianggap serius. Btw banyak banget ya omong kosongnya, kalau begitu kita langsung ke cara membuatnya saja.
1. Buatlah sebuah flash document. Ubah warna stage menjadi hitam
2. Buatlah sebuah lingkaran tanpa garis dengan warna Radial puith biru.
3. Seleksi lingkaran ini kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan bola sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
4. Seleksi movie clip bola tadi dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul, tekan tab Filters.
5. Pada tab Filters, tekan tombol + dan pilih Glow. Kemudian ubah nilai-nilai yang ada menjadi seperti ini Blur X : 40, Blur Y : 40, Strength 100%, Quality : High, Color : merah (#FF0000), Knockout dan Inner glow tidak perlu diberi tanda centang/contreng.
6. Buatlah sebuah static text bertuliskan Ini hanyalah permainan saja, jangan dianggap serius.
7. Buatlah sebuah static text bertuliskan Masukkan pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak lalu tekan tombol ramal.
8. Buatlah sebuah dynamic text kosong. Seleksi dynamic text ini kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan jawaban di dalam kotak Var dan nonaktifkan tombol selectable.
9. Buatlah sebuah input text. Seleksi input text ini dan pada panel properties masukkan pertanyaan di dalam kotak Var lalu aktifkan tombol show border around text.
10. Buatlah sebuah static text bertuliskan RAMAL. Buatlah sebuah persegi panjang berwarna putih dengan hitam sebagai warna garisnya. Buat panjang dan lebar persegi panjang ini menutupi static text RAMAL. Letakkan persegi panjang ini ditengah-tengah static text RAMAL.
11. Seleksi static text RAMAL dan persegi panjang kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan ramal_btn sebagai name dan button clip sebagai type lalu tekan ok.
12. Seleksi ramal_btn di stage kemudian pada panel properties, masukkan ramal_btn di dalam kotak instance name.
13. Buatlah sebuah static text bertuliskan ULANG. Buatlah sebuah persegi panjang berwarna putih dengan hitam sebagai warna garisnya. Buat panjang dan lebar persegi panjang ini menutupi static text ULANG. Letakkan persegi panjang ini ditengah-tengah static text ULANG.
14. Seleksi static text ULANG dan persegi panjang kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan ulang_btn sebagai name dan button clip sebagai type lalu tekan ok.
15. Seleksi ulang_btn di stage kemudian pada panel properties, masukkan ulang_btn di dalam kotak instance name.
15. Letakkan seluruh objek yang kita buat tadi seperti gambar di bawah ini :
16. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 | //membuat variable bernama pilihan bertipe number var pilihan:Number; //ketika button ramal_btn ditekan ramal_btn.onPress = function() { //ubah nilai variable pilihan sesuai nilai acak 2 yang ditambah 1 pilihan = random(2)+1; //jika variable pilihan bernilai 1 if (pilihan == 1) { //tampilkan tulisan YA pada dynamic text dengan Var jawaban jawaban = "YA"; } //jika variable pilihan bernilai 2 if (pilihan == 2) { //tampilkan tulisan TIDAK pada dynamic text dengan Var jawaban jawaban = "TIDAK"; } //button ramal_btn menjadi tidak dapat ditekan ramal_btn.enabled = false; //ubah nilai transparansi ramal_btn menjadi 40 ramal_btn._alpha = 40; }; //ketika button ulang_btn ditekan ulang_btn.onPress = function() { //kosongkan tulisan pada dynamic text dengan Var jawaban jawaban = ""; //kosongkan tulisan pada dynamic text dengan Var pertanyaan pertanyaan = ""; //button ramal_btn dapat ditekan kembali ramal_btn.enabled = true; //ubah nilai transparansi ramal_btn menjadi 100 ramal_btn._alpha = 100; }; //membuat user dapat menulis langsung huruf pada dynamic text dengan Var pertanyaan saat pertama kali swf dijalankan Selection.setFocus("pertanyaan"); |
download di sini
No comments:
Post a Comment