Kamis, 11 November 2010

membuat permainan di flash

Inti dari permainan ini adalah mengambil crystal yang muncul sambil menghindari bola yang bergerak. Kecepatan bola bergerak dan ukuran pemain akan bertambah ketika crystal anda ambil. Untuk menggerakkan pemain anda cukup menggerakan mouse saja.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah lingkaran berwarna merah dengan hitam sebagai warna garisnya. Seleksi lingkaran ini kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan bola sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
3. Seleksi movie clip lingkaran di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan bola sebagi instance name.
4. Buatlah sebuah kotak kecil berwarna biru muda dengan hitam sebagai warna garisnya. Seleksi kotak ini kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan pemain sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
5. Seleksi movie clip pemain di stage dan pada panel properties masukkan pemain sebagi instance name.
6. Buatlah sebuah belah ketupat berwarna putih dengan hitam sebagai warna garisnya. Seleksi belah ketupat ini kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan item sebagi name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok. Hapus movie clip item dari stage.
7. Tekan Ctrl+L, pada panel library yang muncul klik kanan movie clip item kemudian pilih Linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan item sebagai identifier lalu tekan ok.
8. Buatlah sebuah dynamic text. Seleksi dynamic text ini dan pada panel properties masukkan skorGame sebagi Var dan nonaktifkan tombol selectable.
9. Letakkan seluruh objek yang dibuat tadi seperti gambar di bawah ini :
cap1
10. Seleksi frame 2 kemudian tekan F7. Pastikan anda masih berada di frame 2 kemudian buatlah 2 buah static text masing-masing bertuliskan Game Over dan Pemain Menabrak Bola.
11. Buatlah sebuah dynamic text. Seleksi dynamic text ini dan pada panel properties masukkan skorAkhir sebagai Var dan nonaktikan tombol selectable.
12. Buatlah sebuah dynamic text bertuliskan Main Lagi. Seleksi dynamic text bertuliskan Main Lagi ini dan pada panel properties nonaktifkan tombol selectable dan aktifkan tombol show border around text.
13. Pastikan anda masih menyeleksi dynamic text bertuliskan Main Lagi kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan mainLagi_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
14. Seleksi button mainLagi_btn di stage dan pada panel properties masukkan mainLagi_btn sebagai instance name.
15. Atur besar dan letak di frame 2 seperti gambar di bawah ini :
cap2
16. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
70
71
72
73
74
75
76
77
78
79
80
81
82
83
84
85
86
87
88
89
90
91
92
//menghentikan agar tidak memainkan frame berikutnya
stop();
//membuat variable mulai dengan nilai false
mulai = false;
//membuat variable kecepatanX dengan nilai 12
kecepatanX = 12;
//membuat variable kecepatanY dengan nilai 12
kecepatanY = 12;
//membuat variable jumlahItem dengan nilai 0
jumlahItem = 0;
//membuat variable jumlahMax dengan nilai 20
jumlahMax = 20;
//membuat variable waktu dengan nilai 0
waktu = 0;
//membuat variable skor dengan nilai 0
skor = 0;
//ketikan tekanan pada movie clip pemain dilepaskan
pemain.onRelease = function() {
 //movie clip pemain tidak dapat ditekan
 pemain.enabled = false;
 //ubah nilai variable mulai menjadi true
 mulai = true;
};
onEnterFrame = function () {
 //tampilkan tulisan Score : dan nilai variable skor pada dynamix text skorGame
 skorGame = "Score : "+skor;
 //jika variable mulai bernilai true
 if (mulai) {
  //hilangkan kursor mouse dari stage
  Mouse.hide();
  //movie clip pemain dapat didrag dengan batas atas 10, batas kanan 390, batas bawah 390, dan batas kiri 10
  startDrag(pemain, true, 10, 10, 390, 390);
  //nilai rotasi pemain ditambah 10
  pemain._rotation += 10;
  //jika koordinat y movie clip bola berada lebih dari/sama dengan 380 atau koordinat Y kurang dari/sama dengan 20
  if (bola._y>=380 || bola._y<=20) {
   //negatifkan nilai variable kecepatanY
   kecepatanY = -kecepatanY;
  }
  //jika koordinat x movie clip bola berada lebih dari/sama dengan 380 atau koordinat X kurang dari/sama dengan 20
  if (bola._x>=380 || bola._x<=20) {
   //negatifkan nilai variable kecepatanX
   kecepatanX = -kecepatanX;
  }
  //koordinat x bola ditambah nilai variable kecepatanX
  bola._x += kecepatanX;
  //koordinat y bola ditambah nilai variable kecepatanY dibagi 2
  bola._y += kecepatanY/2;
  //jika movie clip bola menabrak movie clip pemain dan frame yang dimainkan berada pada frame 1
  if (bola.hitTest(pemain) && _currentframe == 1) {
   //mainkan frame 2
   gotoAndPlay(2);
   //movie clip pemain tidak dapat di drag
   stopDrag();
   //tampilkan kursor mouse
   Mouse.show();
   //ubah nilai variable mulai menjadi false
   mulai = false;
  }
  //jika nilai variable jumlahItem kurang dari nilai variable jumlahMax
  if (jumlahItem<0) {
    //nilai variable kecepatanX dikurangi 0.5
    kecepatanX -= 0.5;
   }
   //jika nilai variable kecepatanX lebih dari 0
   if (kecepatanX>0) {
    //nilai variable kecepatanX ditambah 0.5
    kecepatanX += 0.5;
   }
   //jika nilai variable kecepatanY kurang dari 0
   if (kecepatanY<0) {
    //nilai variable kecepatanY dikurangi 0.5
    kecepatanY -= 0.5;
   }
   //jika nilai variable kecepatanY lebih dari 0
   if (kecepatanY>0) {
    //nilai variable kecepatanY ditambah 0.5
    kecepatanY += 0.5;
   }
   //ukuran pemain ditambah 1
   pemain._xscale += 1;
   pemain._yscale += 1;
   //hapus movie clp ini
   this.removeMovieClip();
  }
  //jika frame yang dimainkan tidak berada di frame 1
  if (_currentframe != 1) {
   //hapus movie clip ini
   this.removeMovieClip();
  }
 };
}
17. Klik frame 2 dan pada panel actions masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
//menghentikan agar tidak memainkan frame berikutnya
stop();
//tampilkan tulisan Score : dan nilai variable skor pada dynamix text skorAkhir
skorAkhir = "Score : "+skor;
//ketika tekanan pada button mainLagi_btn dilepaskan
mainLagi_btn.onRelease = function() {
 //mainkan frame 1
 gotoAndPlay(1);
};
18. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

download di sini


Artikel Terkait:

0 komentar: