Kamis, 11 November 2010

membuat hujan di flash

Sebelumnya kita pernah membuat animasi hujan. Tetapai pada animasi hujan sebelumnya tidak ada riak air ketika hujan jatuh. Oleh karena itu pada tutorial kali ini kita akan membuat sebuah animasi hujan yang disertai riak air apabila hujan tersebut menyentuh tanah.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah garis lingkaran berwarna hitam. Seleksi garis lingkaran ini kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan garis_lingkaran sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
3. Seleksi movie clip garis_lingkaran di stage kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan riak sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
4. Klik kanan movie clip riak kemudian pilih Edit. Anda akan masuk ke dalam stage movie clip riak. Ubah bentuk movie clip garis_lingkaran menjadi seperti di bawah ini :
garis-lingkaran1
5. Klik kanan frame 15 kemudian tekan F6. Ubah ukuran movie clip garis_lingkaran pada frame 15 menjadi seperti di bawah ini :
garis-lingkaran2
6. Pastikan anda masih menyeleksi movie clip garis_lingkaran di frame 15 kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul ubah Color menjadi Alpha 0%.
7. Klik kanan frame 1 dan pilih Create Motion Tween. Seleksi frame 15 kemudian tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1
stop();
8. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1. Hapus movie clip riak yang ada di stage.
9. Buatlah sebuah garis miring berwarna hitam. Seleksi garis ini kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan garis_miring sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
10. Seleksi movie clip garis_miring di stage kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan hujan sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
11. Klik kanan movie clip hujan kemudian pilih Edit. Anda akan masuk ke dalam stage movie clip hujan. Ubah bentuk dan posisi movie clip garis_miring menjadi seperti di bawah ini :
garis-miring1
12. Klik kanan frame 14 kemudian tekan F6. Ubah letak movie clip garis_miring di frame 14 seperti gambar di bawah ini :
garis-miring2
13. Seleksi frame 15 kemudian tekan F7. Pastikan anda masih berada di frame 15 kemudian tekan Ctrl+L. Pada panel library yang muncul drag movie clip riak ke dalam stage dan letakkan ditengah-tengah titik registration seperti gambar di bawah ini :
riak
14. Seleksi movie clip riak di frame 15 kemudian pada panel properties masukkan riak sebagai instance name. Klik frame 15 kemudian pada panel actions masukkan script berikut :
1
stop();
15. Klik kanan frame 1 kemudian pilih Create Motion Tween. Jika sudah tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1. Hapus movie clip hujan yang ada di stage.
16. Klik kanan movie clip hujan yang ada di panel library kemudian pilih Linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan hujan sebagai identifier kemudian tekan ok.
17. Klik frame 1 dan pada panel actions masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
//membuat variable waktu dengan nilai 0
waktu = 0;
//perintah yang dijalankan ketika frame ini dimainkan
onEnterFrame = function () {
 //nilai variable waktu ditambah 1
 waktu++;
 //jika nilai variable waktu sama dengan 2
 if (waktu == 2) {
  //masukkan movie clip dengan identifier hujan ke dalam stage dengan instance name hujan pada kedalaman paling atas, pada p0sisi x sesuai nilai acak 300 yang ditambah 50 dan posisi y sesuai nilai acak 300 yang ditambah 50
  hujan = attachMovie("hujan", "hujan", _root.getNextHighestDepth(), {_x:random(300)+50, _y:random(350)+50});
  //perintah yang dijalankan ketika frame pada movie clip hujan dimainkan
  hujan.onEnterFrame = function() {
   //jika movie clip ini berada di frame 10 dan movie clip riak yang terdapat di dalam movie clip ini berada di frame 15
   if (this._currentframe == 10 && this.riak._currentframe == 15) {
    //hapus movie clip ini dari stage
    this.removeMovieClip();
   }
  };
  //ubah nilai variable waktu menjadi 0
  waktu = 0;
 }
};
18. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.


download di sini


Artikel Terkait:

0 komentar: