Kamis, 02 Desember 2010

Cisco RV016 Multi WAN VPN Routers


Cisco RV016 adalah muli WAN routers sampai 7 port dengan technology load balance dan failover. Router ini sangat cocok untuk kebutuhan bandwidth yang besar menggantikan layanan T1 yang relative sangat mahal.
Cisco RV016 Multi WAN Routers
Klik untuk Spec detail
Saat business anda tumbuh, kebutuhan akan pemakaian bandwidth juga akan meningkat. Dengan business yang tumbuh pesat, kebutuhan akan E-mail, voice (VoIP), browsing internet, dan segala macam aplikasi internet juga akan meningkat. Hal ini akan meningkatkan tingkat saturasi koneksi WAN anda sehingga menjadi lambat. Salah satu solusi untuk menaikkan lebar bandwidth yang besar adalah layanan T1. Sekarang ini dengan melimpahnya layanan DSL dan Cable serta Cellular Internet, maka berlangganan banyak sambungan ISP adalah solusi yang sangat ekonomis, dan piranti pendukungnya adalah multi WAN routers yaitu router dengan sejumlah port WAN dalam satu router.
Cisco RV016 adalah router yang dilengkapi dengan technology VPN dan juga dilengkapi dengan beberapa sambungan port WAN sampai 7 port: 2 dedicated port dan 5 port configurable WAN/LAN port. Total port dari router ini adalah 16x 10/100 Mbps Ethernet port autosensing meliputi 2 WAN port dedicated, 1 port DMZ, 8 port LAN, dan 5 port configurable WAN/LAN. Anda bisa menggunakan DMZ port ini untuk keperluan hosting public resources seperti web-server atau FTP server, ataupun E-mail server. Dengan DMZ ini anda bisa memberikan security boundary tanpa harus kompromi terhadap jaringan internal business anda.
VPN Technology
Cisco RV016 Multi WAN routers mendukung technology VPN untuk memungkinkan anda membuat secure tunneling agar terhubung ke jaringan corporate atau business anda melalui jaringan public atau internet sampai 100 koneksi remote dari kantor cabang atau travelling user dengan dukungan IPSec (Internet Protocol Security).
IPSec adalah protocol TCP/IP pada layer-3 yang mendifinisikan model end-to-end untuk enkrispsi data dan integritas data diimplementasikan pada level IP (Internet Protocol). Ini artinya bahwa host-host yang di masing-masing ujung sambungan dari suatu sesi IPSec saja yang harus di-enabled IPSec nya.
Untuk tingkat keamanan sambungan tunneling ini Cisco RV016 multi WAN routers ini menggunakan encryption security meliputi DES (Data Encryption Standard), 3DES, Advanced Encryption Standard (AES)-128, AES-192, AES-256. AES adalah encryption yang lebih kuat yang merupakan pengganti dari DES standard.
Networking Solution
Gambar dibawah ini adalah diagram suatu jaringan komputer business kecil menengah yang menggunakan Cisco RV016 multi WAN routers. Dua dedicated WAN port dikoneksikan ke layanan broadband internet Cable dan ADSL bersamaan. Tidak hanya dua port dedicated WAN isi saja, anda masih bisa menggunakan 5 port WAN lagi sesuai kebutuhan business anda terhadap meningkatnya bandwidth.
Sebuah WEB server diletakkan di DMZ port agar user di internet bisa mengakses nya secara aman tanpa harus kompromi dengan jaringan internal business anda misal server file.
Cisco RV016 Multi WAN Routers - diagram
Cisco RV016 ini mendukung Cisco ProtectLink Web security service yang merupakan opsi layanan keamanan web filter secara dinamis untuk membantu anda dalam filtering web meliputi blocking malware, viruses dan lain-lain. Nah ini dia, tentunya anda harus membayar layanan ini per tahunan – router hanya beli sekali saja tapi untuk layanan dinamis filtering ini anda harus bayar per-tahun dalam layanan anda. Security memang mahal, tapi tentunya sebanding dengan perlindungan menyeluruh terhadap asset informasi business anda. Kalau tidak berkenan, anda juga tidak perlu harus berlangganan. Anda bisa berlangganan jenis software proteksi keamanan jaringan anda, ini juga harus per-tahun bayar..
Cisco RV016 Multi WAN routers ini cocok untuk jaringan business kecil menengah anda dimana kebutuhan akan bandwidth WAN anda meningkat. Untuk kantor kecil, anda bisa mempertimbangkan Cisco RV 120W wireless VPN router yang dilengkapi dengan dua WAN port untuk load balance atau smart backup link.
Alternative lain dalam solusi multi WAN routers ini adalah menggunakan Edimax EnduraLink ER-1088 yang dilengkapi dengan 8 configurable WAN port dengan load balancing system. Klik disini spec lengkap dari Edimax ER-1088 ini.


Artikel Terkait:

0 komentar: