Kamis, 02 Desember 2010

Tips Meningkatkan Popularity di Blog

10 Tips Meningkatkan Link Popularity Blog

link-popularity-2Pada artikel ini saya akan berbagi kepada Anda bagaimana caranya meningkatkan Link Popularity. Tahukah Anda apa itu Link Popularity? mungkin sebagian dari Anda sudah pernah mendengar bahkan memahaminya. Jika Anda tahu mengenai teknik optimalisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) maka akan sangat berkaitan dengan erat antara keduanya.
Link Popularity adalah sebuah standar atau sebuah parameter dimana blog kita memiliki banyak tautan/link yang berasal dari blog atau website lain. Tautan menuju blog kita biasa disebut dengan Backlink atau Inbound Link, dimana hal ini merupakan bagian yang sangat penting guna meningkatkan trafik kunjugan menuju blog kamu sehingga akan meningkatkan segalanya yang menjadi tujuan kamu untuk ngeblog.
Pertanyaan yang paling umum diajukan adalah “Bagaimana caranya membuat tautan pada blog atau website lain menuju blog kita?”. Pada tulisan berikut Anda akan mendapatkan jawabannya sehingga pertanyaan tersebut sudah tidak akan Anda ajukan kembali dikemudian hari. Sebagian besar dapat Anda lakukan tanpa biaya sama sekali walaupun beberapa diantaranya akan membutuhkan sedikit biaya, tanpa basa-basi lagi mari kita mulai.

1. Daftarkan blog Anda pada situs-situs Direktori

Saat ini tersedia ribuan Direktori Web dimana kita bisa mendaftarkan blog kita secara gratis hingga berbayar. Namun sebagian besar direktori ini adalah gratis dan mudah untuk dilakukan. Cara ini adalah mutlak Anda lakukan jika ingin mendapatkan kunjungan yang signifikan menuju blog Anda. Pilihlah Direktori Web yang paling ramai dan memiliki nama besar atau dengan kata lain kredibilitasnya bisa Anda percayai.
dmoz_directory_submission
DMOZ dan Yahoo adalah dua nama besar untuk direktori web terbesar di dunia. DMOZ adalah gratis namun sangatlah sulit untuk kebanyakan orang bisa mendaftarkan blog/website-nya kesana. Namun katanya jika sudah berhasil masuk ke dalam direktori DMOZ adalah sebuah kesuksesan yang luar biasa dan jaminan terhadap trafik.
Yahoo Direktori tidaklah gratis (baca=sekarang) karena dulu memang bisa tersedia secara gratis. Namun sekarang Yahoo akan mengenakan charge tahunan jika Anda memanfaatkan jasa mereka. Besarnya biaya adalah $299 USD baik untuk tahun pertama dan tahun-tahun berikutnya.
Gunakan direktori web gratis lain yang bisa Anda cari menggunakan jasa Mbah Google dengan keyword “free web directory” untuk Anda yang membutuhkan backlink dari situs-situs direktori berbahasa inggris. Jika Anda butuh web atau blog direktori khusus Indonesia, namun jangan kaget jika hasil pencariannya mungkin tidak begitu relevan karena ternyata sangat banyak web/blog direktori yang dikelola seadanya. Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan apabila Anda menempuh jalur gratis ini adalah perlunya backlink yang terpasang di blog Anda menuju web direktori tempat Anda mendaftar atau biasa disebut Reciprocal Link.
Gunakan blog direktori yang benar-benar khusus untuk keperluan ini seperti yang bisa saya contohkan pada artikel sebelumnya mengenai Tips Mencari Trafik untuk Blog, beberapa diantaranya yang saya rekomendasikan adalah PlanetBlog.

2. Partisipasilah secara aktif dalam berbagai forum diskusi

Forum diskusi sangatlah powerful, apalagi jika forum yang tepat dan sesuai dengan blog Anda. Jangan pernah menaruh link di forum yang tidak cocok dengan topik blog Anda karena hanya akan membuang-buang waktu saja.Carilah forum yang bisa menempatkan link atau URL blog Anda pada bagian bawah tulisan Anda pada sebuah diskusi yang umumnya ada di bagian bawah. Ingat bahwa tidak semua forum diskusi mengizinkan hal ini bahkan ada beberapa diantaranya yang mensaratkan Anda wajib untuk aktif berdiskusi terlebih dahulu sebelumnya. Sejujurnya saya menyebut Kaskus sebagai sebuah forum diskusi yang sangat banyak pengunjungnya. Kaskus adalah gratis dan Anda bisa memanfaatkannya, namun gunakanlah secara bijak dan jangan pernah mengirim pesan spam.

3. Komentar pada blog lain

link-popularity
Ini bukanlah teknik yang baru, karena pada awalnya ini memang sudah menjadi hal yang tak bisa diduga sebelumnya. Memerikan komentar yang santun dan menyenangkan tentu saja akan mendapatkan nilai tersendiri. Temukan blog yang paling sesuai dengan blog kamu karena akan lebih bermanfaat dan dapat memberikan efek backlink yang luar biasa, mengapa? karena beberapa diantaranya blog-blog tersebut bisa jadi menerapkan teknik DoFollow.

4. Artikel Marketing

Pernah mendengar istilah ini? artikel marketing adalah sebuah teknik pemasaran melalui artikel yang Anda tulis. Dapat berupa review atau tinjauan terhadap sebuah produk maupun jasa yang Anda jual atapun hal lain yang Anda targetkan.Tulislah dengan susunan kalimat-kalimat yang bernuansa promosi, evaluasi serta testimonialnya. Usahakan bersifat objektif namun tetap secara pasti dan kuat untuk menonjolkan keunggulan produk atau jasa yang Anda jual. Kirimkan tulisan Anda tersebut ke banyak direktori marketing yang ada diantaranya adalah EzineArticles, eHow, ArticleBase, GoArticles, Buzzle dan masih banyak lainnya.
ezinearticles_com
Jujur saja saya belum melihat situs Indonesia yang mengkhususkan pada kategori ini, mungkin diantara pembaca ada yang tahu?. Namun saya mengetahui secara pasti bahwa SejutaBlog dapat Anda manfaatkan untuk keperluan tersebut. Disana Anda bisa menulis sebuah review produk secara bebas lengkap dengan mencantumkan URL, foto dan video.

5. Social Bookmarking

Buatlah agar pengunjung blog bisa dengan mudah untuk menambahkan alamat blog Anda ke berbagai website Social Bookmarking. Beberapa yang sangat populer diantaranya adalah Delicious, StumbleUpon, Digg, Reddit, Mixx, Google Bookmark, Yahoo Buzz dan lainnya.
sharethis_com
Gunakan fasilitas dari ShareThis atau AddThis yang dapat mempermudah Anda memasang semua situs Social Bookmarking pada blog Anda.

6. Membuat Press Release

Tahukah Anda apa itu Press Release? ini adalah semacam pengumuman atau pemberitahuan dimana Anda bisa memberitahukan keberadaan blog Anda. Sebagian besar web khusus press release memperkenankan Anda mencantumkan URL sehingga ini juga akan merupakan backlink nantinya. Namun sayang kebanyakan website press release bersifat berbayar dan sedikit yang gratis.Anda juga dapat memanfaatkan jasa SejutaBlog untuk keperluan ini secara gratis. Sedangkan lainnya bisa gunakan PRWeb, WebWire, Free Press Release.

7. Menjawab Pertanyaan

id_answers_yahoo_com
Yahoo Answer adalah sebuah web yang sangat baik untuk menambah backlink dan meningkatkan trafik blog Anda. Carilah pertanyaan yang mampu Anda jawab dan jangan asal menjawab. Usahakan untuk selalu menjadi jawaban yang terbaik diantara jawaban-jawaban lain. Ini memang sulit, oleh karena itu carilah pertanyaan yang Anda yakini mampu menjawab dengan memuaskan si penanya dan jangan lupa cantumkan juga sumber referensi Anda.

8. Beriklan

Iklan baris adalah salah satu solusi untuk menambah kepopuleran blog Anda dan rata-rata adalah gratis. Nah inilah website yang paling banyak dimiliki oleh Indonesia karena memang sangat mudah untuk membuatnya. Jangan lupa untuk mencari folder yang paling sesuai dengan tema blog Anda.

9. Maksimalkan situs jejaring sosial

old_v4_social_networks
Sebagian besar diantara Anda pasti memiliki account di Facebook atau Friendster, MySpace, Hi5 atau lainnya? Nah silakan manfaatkan mereka untuk menambah backlink menuju blog Anda. Selain itu situs jejaring sosial populer seperti Facebook sangatlah efektif untuk menaikkan trafik, buatlah group diskusi disana dan ajaklah teman dan kenalan Anda untuk bergabung. Usahakan untuk aktif membuat diskusi-diskusi yang menarik perhatian dan penasaran dengan cara mencantumkan resume mengenai artikel-artikel terbaru Anda.

10. Link berbayar

Cara lain yang cukup efektif sebenarnya adalah beriklan dengan membayar sejumlah uang baik untuk diletakkan secara permanen pada sebuah website iklan hingga blog/website lain yang sekiranya memang akan membawa hasil yang signifikan.
Ada dua cara untuk melakukan hal ini. Yang pertama adalah Anda membeli link ke penjual website penyedia jaringan link atau Ad Network seperti TextLinkAds, Link Worth, Kontera, Infolinks dan lain sebagainya. Sedangkan cara kedua adalah membeli review dengan cara bergabung ke berbagai situs paid review seperti ReviewMe, PayPerPost, SponsoredReviews, BlogVertise, BuyBlogReviews dan lainnya.


Artikel Terkait:

0 komentar: