Kamis, 02 Desember 2010

Dampak Positif dan Negatif Game Online

Artikel ditulis untuk mengikuti Lomba Blog Big Event AWARI Samarinda.

Beredarnya game online menjadi suatu fenomena yang menarik bagi para Gamers. Tak hanya orang dewasa atau remaja sekarang games online sudah membuat ketertarikan para bocah-bocah juga. Bahkan beberapa dari bocah atau gamers cilik tersbut sangat tergila-gila akan kesenangan bermain games online dan menjadikan nya sebagai hobby

Dampak negatif bermain game online…

· menyebabkan efek ketagihan

game elektronik pada umumnya dapat menyebabkan efek berkesinambungan untuk bermain game tsb. Karena setiap game yang dibuat memiliki tujuan final seperti misalnya mencapai level tertinggi dengan equip yang keren atau menyelesaikan semua quest untuk melawan musuh terkuat dan menyelesaikan game tersebut.

· Pemborosan

Kalo dihitung sudah berapa uang yang dihabiskan seorang gamer yang bermain games online selama bertahun-tahun?? Kalo dikumpulkan mungkin uang tersebut bisa dibelikan sebuah barang mewah yang nyata. Beberapa bahkan rela mengeluarkan banyak rupiah demi equip dewa yang langka bisa nyala-nyala damage gede efek khusus atau hanya sekedar menukarkan “uang” didalam game dengan rupiah. Namanya juga hobby…yang penting hati puas…uang pun terkuras…walaupun mencuri??? hehehe

· Mencuri

Maaf sebelumnya…”bukanya menuduh” atau “menjelekkan” tapi “sebagian” gamers game online akan melakukan apa saja demi menaklukan games yang dimainkan nya walaupun dengan cara yang tidak halal. Seperti mencuri ID kemudian melucuti equip2 yang mahal, mengambil uang nya, dan dapa juga menggunakan chet untuk mengambil user orang ,, hanya demi mencapai keinginannya. dsb.

· Menggangu kesehatan

Dengan hanya melakukan kegiatan pasif diam duduk didepan komputer berjam-jam berhari-hari dapat menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan. Mulai dari gangguan mata(efek radiasi monitor), kepala pusing(kurang tidur), bau badan menyengat(jarang mandi), perut(pola makan jadi gak teratur), dsb.



Dampak positif bermain game online…….

Game itu bisa membuat orang menjadi pintar untuk mengatur strategi, dan dapat mencari pengalaman…

Dapat juga membuat orang menjadi pintar berbahasa ingris dan sebagainya..

Karena mereka sering chat dan berbincang-bincang.

gamer sejati punya daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu menuntaskan beberapa tugas.

Ketajaman mata yang lebih cepat. Penelitian di Rochester University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memainkan game action secara teratur memiliki ketajaman mata yang lebih cepat daripada mereka yang tidak terbiasa bermain game.

Meningkatkan kinerja otak dan memacu otak dalam menerima cerita. Sama halnya dengan belajar, bermain game yang tidak berlebihan dapat meningkatkan kinerja otak bahkan memiliki kapasitas jenuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan belajar dan membaca buku.

Meningkatkan kemampuan membaca. Psikolog di Finland University menyatakan bahwa video game bisa membantu anak-anak untuk meningkatkan kemampuan baca mereka. Jadi, keluhan soal bermain game yang dapat menurunkan budaya membaca tidaklah beralasan.

Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Riset di Indonesia membuktikan bahwa banyak pria yang mahir bahasa Inggris di sekolah ataupun di universitas tanpa melalui kursus adalah mereka yang suka bermain game.

Membantu bersosialisasi. Beberapa profesor di Loyola University, Chicago telah mengadakan penelitian dan menurut mereka game online dapat menumbuhkan interaksi sosial yang menentang stereotip gamer yang terisolasi. friendship, brotherhood, organisasi (guild), menghadapi conflict bersama (guild wars), managing people (jika menjadi guild leader), kontrol emosi, politik, dsb.

Mengusir stres!!! Para peneliti di Indiana University menjelaskan bahwa bermain game dapat mengendurkan ketegangan syaraf. Jelas aja daripada berantem mendingan berantem lewat game, darahnya bohongan, senjata bohongan, semuanya serba bohongan, buat apa kita hidup di jaman digital kalau tidak memanfaatkannya.

Memulihkan kondisi tubuh. Dr. Mark Griffiths, psikolog di Nottingham Trent University melakukan penelitian sejauh mana manfaat game dalam terapi fisik.

Meningkatkan kecepatan dalam mengetik, karena beberapa game online mengharuskan player untuk mengetik ketika berkomunikasi dengan lawan bicara.

Melatih kemampuan berdagang.


Artikel Terkait:

0 komentar: